Rem cakram



Rem cakram

Rem cakram atau rem piringan pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen seperti cakram (brake disc rotor) yang berputar bersamaan dengan roda, pad (kampas rem) yang berfungsi sebagai bahan gesek dan caliper yang didalamnya terdapat piston yang akan mendorong pad agar menjepit cakram sehingga dihaslikan daya pengereman. Berbeda dengan rem tromol, rem cakram ini kontruksinya lebih sederhana dan lebih mudah dalam perawatannya.

Rem cakram atau rem piringan mempunyai 3 komponen utama, yaitu :
1. Piringan
Piringan/Cakram (disc rotor) biasanya terbuat dari besi tuang, ada beberapa bentuk dari disc rotor ini yaitu tipe solid (padat), dan tipe berlubang-lubang (ventilasi) serta tipe solid dengan tambahan tromol.  Tipe ventilasi terdiri dari pasangan piringan yang berlubang yang berfungsi agar pendinginan pada rem cakram dapat maximal, untuk mencegah fading dan menjamin umur pad lebih panjang dan tahan lama.


2. Pad Rem
Pad (disc pad) atau orang bengkel orang bengkel biasa menyebutnya kampas rem merupakan komponen pada rem cakram yang berfungsi bersama sama dengan piringan (cakram) dan saling bergesekan untuk menghasilkan daya pengereman. Pada umunya pad ini dibuat dari campuran metalic fiber ditambah sedikit serbuk besi, untuk pad jenis ini biasa disebut dengan "Semi Metallic Disc Pad".
Ada dua tipe pad, yaitu pad dengan celah dan pad tanpa celah. Celah pada bagian tengah pad ini berfungsi sebagai indikator ketebalan pad yang diijinkan, jadi ketika permukaan pada sudah rata atau tidak terdapat celah lagi maka pad perlu diganti karena sudah aus. Pada sebagian pad, terdapat komponen metaliic plate atau anti squal shim yang dipasang dengan tujuan untuk mencegah terjadinya bunyi saat berlangsungnya pengereman.
3. Caliper 
Caliper juga disebut dengan cylinder body, caliper ini merupakan komponen yang tidak bergerak dari rem cakram. Caliper ini memegang piston-piston dan dilengkapi dengan saluran dimana minyak rem disalurkan ke silinder. Ketika rem diinjak atau di operasikan maka minyak dari master silinder akan menekan piston pada caliper, dan piston tersebut akan terdorong dan menekan pad yang akhirnya akan bersentuhan dengan cakram (piringan), terjadilah pengereman. Caliper menurut jenis pemasangannya dapat dikelompokkan menjadi 2, yakni Tipe Fixed Caliper (Double Piston) dan Tipe Floating Caliper (Singgle Piston).

PRINSIP KERJA DAN FUNGSI REM

Kendaraan tidak dapat berhenti dengan segera apabila mesin dibebaskan (tidak dihubungkan) dengan pemindahan daya (kopling, transmisi, propeller shaft, dll), kendaraan cenderung tetap melaju. Kelemahan ini harus diatasi dan dikurangi dengan maksud untuk mengurangi kecepatan kendaraan hingga berhenti.
Mesin mengubah eenergi panas menjadi energi kinetik (energi gerak) untuk kmenggerakkan kendaraan. Sebaliknya, rem mengubah energi gerak menjadi energi panas untuk mengurangi atau menghentikan kendaraan. Umumnya, rem bekerja disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (braking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua objek.

Prinsip Kerja dan Fungsi Rem
Fungsi dan tujuan dipasangnya rem pada kendaraan adalah untuk memperlambat laju kendaraan, mengurangi kecepatan, berhenti atau memarkir kendaraan, Dengan kata lain rem berfungsi untuk mengontrol atau mengatur kecepatan kendaraan untuk menghindari kecelakaan dan merupakan alat pengaman yang berguna untuk memperlambat dan atau menghentikan kendaraan.

CARA KERJA REM CAKRAM HIDROLIK

Rem cakram hidrolik bisa dikatakan menjadi peranti standar pengereman sepedamotor saat ini. Bahkan acap rem belakang pun menganut hal yang sama. Pada artikel kali ini membahas tentang rem cakram.
Dalam rem cakram memiliki beberapa komponen yaitu ;Master Cylinder Assy, Caliper, Rotor (disc brake), Tuas rem, dan Minyak rem. Dimana pada saat tuas rem ditekan (1) maka komponen pada master cylinder. akan menekan cairan fluida/minyak rem (2) pada saat minyak rem ini tertekan sehingga brake pad akan menekan rotor (disc brake), untuk terjadi proses pengereman kondisi tersebut bergantung juga terhadap gaya tekan yang diberikan pengendara terhadap tuas rem, semakin keras maka gaya pengereman akan tinggi. (untuk jelasnya silahkan dapat melihat gambar di atas)

Tipe-tipe Caliper Rem Cakram


Rem cakram (disc brake) pada dasarnya terdiri dari cakram yang terbuat besi tuang (disc rotor) yang berputar dengan roda dan bahan gesek (dalam hal ini disc pad, atau yang biasa kita sebut dengan kampas rem) yang mendorong dan menjepit disk brake. Daya pengereman dihasilkan oleh adanya gesekan antara  pad (kampas) dan cakram (disc). Pada bahasan ini akan diterangkan mengenai jenis jenis atau tipe tipe dari caliper pada rem cakram.

Tipe-tipe caliper rem cakram.

(1) Tipe caliper tetap ( Fixed caliper) Sebuah tipe fixed calipermempunyai sepasang piston untuk mendorong rotor rem cakram pada keduasisinya.
(2) Tipe caliper mengambang (Floating caliper) Sebuah tipe floatingcaliper tertempel pada piston hanya pada satu sisi dari caliper. Pistonberperan sebagai pembuat tekanan hidrolik, dan apabila bantalan remcakram ditekan, caliper akan bergerak ke arah yang berbeda dari piston,dan mendorong rotor rem cakram dari kedua sisinya. Akibatnya, caliperakan menghentikan perputaran roda. Ada beberapa jenis floating caliper,tergantung dari metode menempelkan caliper ke piringan putar. Jenis yang pertama adalah full floating caliper. dan yang kedua adalah semifloating caliper.
Gambar 1 Tipe caliper rem cakram

Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram



Pada dasarnya,gangguan pada rem cakram hanya satu,yaitu : REM TIDAK BERFUNGSI alias BLONG .  Namun di balik tidak berfungsinya rem cakram tersebut ada tentu penyebabnya bermacam-macam. Berikut ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rem cakram tidak berfungsi :
MINYAK REM HABIS
Cara mengeceknya sangat mudah,tentu teman-teman sudah paham. Tinggal di intip saja lewat lubang bening di recervoir minyak rem yang ada. Penyebab berkurangnya minyak rem adalah poin kedua berikut.
.
KEBOCORAN DI SELANG 
Kebocoran sekecil apapun akan menyebabkan rem cakram fungsinya berkurang,apalagi bocornya lebar,maka di jamin rem cakram akan blong. Periksalah kebocoran di selang dengan mencari rembesan minyak rem di sepanjang selang sambil menekan tuas rem.
.
KARET SIL DI KALIPER RUSAK

Kerusakan yang terjadi bisa karena usia yang sudah “agak tua” dan karet menjadi keras sehingga rawan sobek dan menyebabkan minyak rem tak bisa memompa piston untuk medorong kampas rem. Hal ini ditandai dengan piston kaliper yang bergerak kembali setelah pengangan rem dilepas….
.
KARET SIL DI MASTER REM RUSAK
Kerusakannya sama dengan poin di atas,namun master rem ini fungsinya lebih dominan dalam pemompaan minyak rem.

KAMPAS REM SUDAH SANGAT TIPIS
Dan yang ini yang sering terjadi,biasanya gejalanya di tandai dengan bunyi aneh di piringan cakram ketika tuas rem di tekan/di injak. Bunyi gemerincing seperti gesekan logam.
Mungkin hanya itu yang dapat Mas sayur tulis,mengingat Mas sayur bukanlah mekanik atau orang yang ahli permesinan,maka jika ada kesalahan mohon di koreksi,da jika ada kekurangan mohon di tambahi.Karena semua itu hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja.
Cara terbaik dan termuda untuk mengatasi gangguan fungsi rem cakram jika anda tidak paham dengan hal ini atau tidak biasa otak-atik motor adalah bawalah sepeda anda ke bengkel kesayangan anda.  

Rem Cakram depan macet karena bagian Master Silinder (Silinder Master) yang bermasalah :


Di dalam Master Silinder (Silinder Master), ini terdapat beberapa komponen, komponen utama yang sering bekerja dan bergerak untuk menekan atau mendorong minyak rem, sampai ke bagian Kaliper bawah ialah Kit Silinder Master. 
Master Silinder (Silinder Master)

Kit Silinder Master  : Yang Korosi atau Berjamur

Melihat gambar Kit Silinder Master yang mengalami Korosi dan Berjamur diatas, ini dapat menyebabkan kemacetan pada Rem Cakram, mengapa bisa terjadi macet : "Karena gerak balik Kit Silinder Master terhambat oleh sisa Korosi dan Jamur yang melekat pada ruang gerak Kit Silinder Maste rtersebut". 
Catatan : Apa bila Kit Silinder Master mengalami Korosi dan Jamur yang mengakibatkan Kemacetan pada Rem Cakram, tak ada kata lain, yaitu lakukanlah pergantian pada Kit Silinder Master tersebut secepatnya.

Rem Cakram depan Macet  karena Kaliper bermasalah :

Yang kedua ialah Rem Cakram macet karena kaliper bermaslah, ini sudah pasti tidak salah lagi dengan dugaan yang tepat yaitu pada Piston yang tertanam didalam Kaliper cacat karena kotoron atau debu yang mengendap sehingga kinerja piston terhambat, Piston merupakan komponen utama pada Kaliper yang menerima tekanan dari minyak rem dan di teruskan ke kanvas rem.


Kaliper Rem Cakram Motor
Untuk menganalisa piston macet dan tidak normal dalam kinerjanya kita dapat melihat keadaan fisik yang terjadi, seperti debu yang melekat, secara teknis piston memiliki seal debu nah seal debu yang sudah rusak tersebut lah yang memicu debu masuk kedalam sela-sela piston, sehingga piston yang tertanam dalam cakram mengalami macet karna terganjal oleh debu dan yang lebih parahnya sampai piston cacat dan macet.

Piston : Debu Melekat


Piston Kaliper : Baret & Cacat


Untuk menangani Piston Baret dan Cacat sehingga mengalami kemacetan pada "Rem Cakram", lakukanlah pergantian Piston dan Seal Debu Piston, sehingga kinerja Piston yang tertanam di dalam Kaliper menjadi kembali optimal.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Seret

Cara memperbaiki rem cakram motor seret termasuk salah satu pemeliharaan sepeda motor dan sesuatu hal yang diseriusi oleh para bikers karena kita menginginkan semua fungsi sepeda motor dapat berjalan dengan baik sehingga setiap kali kita melakukan perjalanan merasakan keamanan dan kenyamanan. Rem cakram memainkan peranan penting bagi keselamatan berkendara ketika perjalanan pada jalan raya, dan apalagi Anda sedang melewati jalan yang berbahaya semisal jalan perbukitan atau gunung, jalan rusak dan lainnya.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Seret

Tidak sedikit kecelakaan terjadi karena pengendara malas dalam mengerjakan cara servis rem cakram motor baik bagian depan dan belakang, karena jika rem cakram seret maka kekhawatiran setiap pengendara muncul benar tidak. Masalah kerusakan yang sering terjadi pada rem cakram adalah diawali oleh rotor piringan dan pad rem piringan (bantalan) yang terkontaminasi oleh kotoran, debu atau air garam. Maka untuk mengatasi kerusakan rem cakram yang seret atau berat maka Anda harus periksa satu per satu komponennya.

Langkah-Langkah Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Seret

1. Pertama sahabat blog
tips cara motor lakukan langkah merawat rem cakram yang benar dengan menjauhkan kontaminan utama yakni pelumas mesin atau sabun cuci. Kami sarankan Anda jangan menggunakan minyak pelumas di dekat rem cakram karena setetes minyak pelumas yang mengenai rotor akan secara drastis dapat mengurangi daya cengkram rem.

2. Ketika sobat mencuci sepeda motor dengan air sabun amaka segera lakukan langkah pengeringan pada daerah rem cakram motor untuk menghapus air sabun dan sabun yang bisa saja masuk ke kaliper rem.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAFzjTSxDU1JdlLqecVj19mtDpFxK908nMJT0Zz8A6HWeXPUt_5yqyiZbMG4b6a2Awj6pBWbS8-T86LkimHZCEEXVm2WPa47lEa20dUe6VJuPH0Kaqc_upUHlCf3Cuf-YDqln3gJZ0rsyB/s320/cara-memperbaiki-rem-cakram-motor.jpg


3. Apabila rotor rem cakram Anda sudah terkontaminasi maka bisa menggunakan isopropil alkohol untuk menghapusnya dengan mudah dan cepat. Namun jika bantalan atau pad rem piringan yang terkontaminasi dan keadaannya sudah parah maka cara terbaik adalah mengganti dengan yang baru.
4. Penyebab terakhir dari rem cakram motor yang seret adalah terjadi getaran. Bisa jadi pad rem piringan, rotor dan komponen lainnya mengalami kelonggaran atau kerusakan. Dan apabila getaran pada saat pengereman sudah sangat terasa parah maka bisa mengganti komponen yang rusak apabila tidak bisa lagi servis.
5. Sobat otomotif periksa keadaan kampas rem, apabila cengkraman atau jepitan pada terlalu sempit dan terasa berat maka setting ulang, bisa jadi kampas rem cakram masih baru dan tebal.

6. Segera periksa pinggiran piston, apabila keadaannya kering maka membuat piston tidak lagi elastis ketika pedal rem ditarik. Cara memperbaiki rem cakram motor yang seret ini dengan membersihkan bagian caliper dengan air karena bisa jadi ada kotoran atau debu yang melekat di sana, kemudiaan berikan pelumas pada komponen itu dan tidak boleh terlalu banyak yach, cukup di sekitar piston saja.
7. Cara mengatasi rem cakram seret terakhir adalah sahabat cek pada bagian per, plat dan dudukan kampas, jika keadaan bagian ini sudah miring atau bengkok segera perbaiki, kebengkokan ini disebabkan goncangan ketika perjalanan di jalan yang cadas atau melewati polisi tidur dengan kecepatan tinggi.
Ingat boz..........
putus rem














Daftar Pustaka :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar