
Rem cakram
Rem cakram
atau rem piringan pada
dasarnya terdiri dari beberapa komponen seperti cakram (brake disc
rotor) yang berputar bersamaan dengan roda, pad (kampas rem) yang berfungsi
sebagai bahan gesek dan caliper yang didalamnya terdapat piston yang akan
mendorong pad agar menjepit cakram sehingga dihaslikan daya pengereman. Berbeda
dengan rem tromol, rem cakram ini kontruksinya lebih sederhana dan lebih mudah
dalam perawatannya.
Rem cakram
atau rem piringan mempunyai 3 komponen utama, yaitu :
1. Piringan
Piringan/Cakram
(disc rotor) biasanya terbuat dari besi tuang, ada beberapa bentuk dari disc
rotor ini yaitu tipe solid (padat), dan tipe berlubang-lubang (ventilasi) serta
tipe solid dengan tambahan tromol. Tipe ventilasi terdiri dari pasangan
piringan yang berlubang yang berfungsi agar pendinginan pada rem cakram dapat
maximal, untuk mencegah fading dan menjamin umur pad lebih panjang dan tahan
lama.
2. Pad Rem
Pad (disc
pad) atau orang bengkel orang bengkel biasa menyebutnya kampas rem merupakan
komponen pada rem cakram yang berfungsi bersama sama dengan piringan
(cakram) dan saling bergesekan untuk menghasilkan daya pengereman. Pada umunya
pad ini dibuat dari campuran metalic fiber ditambah sedikit serbuk besi, untuk
pad jenis ini biasa disebut dengan "Semi Metallic Disc Pad".
Ada dua tipe
pad, yaitu pad dengan celah dan pad tanpa celah. Celah pada bagian tengah pad
ini berfungsi sebagai indikator ketebalan pad yang diijinkan, jadi ketika
permukaan pada sudah rata atau tidak terdapat celah lagi maka pad perlu diganti
karena sudah aus. Pada sebagian pad, terdapat komponen metaliic plate atau anti
squal shim yang dipasang dengan tujuan untuk mencegah terjadinya bunyi saat
berlangsungnya pengereman.
3.
Caliper
Caliper juga
disebut dengan cylinder body, caliper ini merupakan komponen yang tidak
bergerak dari rem cakram. Caliper ini memegang piston-piston
dan dilengkapi dengan saluran dimana minyak rem disalurkan ke silinder. Ketika
rem diinjak atau di operasikan maka minyak dari master silinder akan menekan
piston pada caliper, dan piston tersebut akan terdorong dan menekan pad yang
akhirnya akan bersentuhan dengan cakram (piringan), terjadilah pengereman.
Caliper menurut jenis pemasangannya dapat dikelompokkan menjadi 2, yakni Tipe
Fixed Caliper (Double Piston) dan Tipe Floating Caliper (Singgle Piston).
PRINSIP
KERJA DAN FUNGSI REM
Kendaraan
tidak dapat berhenti dengan segera apabila mesin dibebaskan (tidak dihubungkan)
dengan pemindahan daya (kopling, transmisi, propeller shaft, dll), kendaraan
cenderung tetap melaju. Kelemahan ini harus diatasi dan dikurangi dengan maksud
untuk mengurangi kecepatan kendaraan hingga berhenti.
Mesin
mengubah eenergi panas menjadi energi kinetik (energi gerak) untuk
kmenggerakkan kendaraan. Sebaliknya, rem mengubah energi gerak menjadi energi
panas untuk mengurangi atau menghentikan kendaraan. Umumnya, rem bekerja
disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar.
Efek pengereman (braking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan
antara dua objek.
Peinsip Kerja dan Fungsi Rem
|
Gambar 1.1.
Prinsip Kerja rem
Fungsi dan
tujuan dipasangnya rem pada kendaraan adalah untuk memperlambat laju kendaraan,
mengurangi kecepatan, berhenti atau memarkir kendaraan, Dengan kata lain rem
berfungsi untuk mengontrol atau mengatur kecepatan kendaraan untuk menghindari
kecelakaan dan merupakan alat pengaman yang berguna untuk memperlambat dan atau
menghentikan kendaraan.
CARA KERJA REM CAKRAM HIDROLIK
Rem cakram hidrolik bisa dikatakan menjadi
peranti standar pengereman sepedamotor saat ini. Bahkan acap rem belakang pun
menganut hal yang sama. Pada artikel kali ini membahas tentang rem cakram.
Dalam rem cakram memiliki beberapa komponen yaitu
;Master Cylinder Assy, Caliper, Rotor (disc brake), Tuas rem, dan Minyak rem.
Dimana pada saat tuas rem ditekan (1) maka komponen pada master cylinder. akan
menekan cairan fluida/minyak rem (2) pada saat minyak rem ini tertekan sehingga
brake pad akan menekan rotor (disc brake), untuk terjadi proses pengereman
kondisi tersebut bergantung juga terhadap gaya tekan yang diberikan pengendara terhadap
tuas rem, semakin keras maka gaya pengereman akan tinggi. (untuk jelasnya
silahkan dapat melihat gambar di atas)
Tipe-tipe Caliper Rem Cakram
Rem cakram (disc brake) pada
dasarnya terdiri dari cakram yang terbuat besi tuang (disc rotor) yang
berputar dengan roda dan bahan gesek (dalam hal ini disc pad, atau yang biasa
kita sebut dengan kampas rem) yang mendorong dan menjepit disk brake. Daya
pengereman dihasilkan oleh adanya gesekan antara pad (kampas) dan cakram (disc). Pada
bahasan ini akan diterangkan mengenai jenis jenis atau tipe tipe dari caliper
pada rem cakram.
Tipe-tipe caliper rem cakram.
(1) Tipe caliper tetap ( Fixed caliper) Sebuah tipe fixed calipermempunyai sepasang piston untuk mendorong rotor rem cakram pada keduasisinya.
(2) Tipe caliper mengambang (Floating
caliper) Sebuah tipe floatingcaliper tertempel pada piston hanya pada satu sisi
dari caliper. Pistonberperan sebagai pembuat tekanan hidrolik, dan apabila
bantalan remcakram ditekan, caliper akan bergerak ke arah yang berbeda dari
piston,dan mendorong rotor rem cakram dari kedua sisinya. Akibatnya,
caliperakan menghentikan perputaran roda. Ada beberapa jenis floating
caliper,tergantung dari metode menempelkan caliper ke piringan putar. Jenis
yang pertama adalah full floating caliper. dan yang kedua adalah semifloating
caliper.
Gambar
1 Tipe caliper rem cakram

Gangguan Yang Sering Terjadi Pada Rem Cakram
Pada dasarnya,gangguan pada rem cakram hanya
satu,yaitu : REM TIDAK BERFUNGSI alias BLONG .
Namun di balik tidak berfungsinya rem cakram tersebut ada tentu penyebabnya
bermacam-macam. Berikut ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rem cakram
tidak berfungsi :
MINYAK REM HABIS
Cara mengeceknya sangat mudah,tentu teman-teman
sudah paham. Tinggal di intip saja lewat lubang bening di recervoir minyak rem
yang ada. Penyebab berkurangnya minyak rem adalah poin kedua berikut.
.
KEBOCORAN DI SELANG
Kebocoran sekecil apapun akan menyebabkan rem
cakram fungsinya berkurang,apalagi bocornya lebar,maka di jamin rem cakram akan
blong. Periksalah kebocoran di selang dengan mencari rembesan minyak rem di
sepanjang selang sambil menekan tuas rem.
.
KARET SIL DI KALIPER RUSAK
pinjem gambar dari warongdohc.com
Kerusakan yang terjadi bisa karena usia yang
sudah “agak tua” dan karet menjadi keras sehingga rawan sobek dan menyebabkan
minyak rem tak bisa memompa piston untuk medorong kampas rem. Hal ini
ditandai dengan piston kaliper yang bergerak kembali setelah pengangan rem
dilepas….
.
KARET SIL DI MASTER REM RUSAK
Kerusakannya sama dengan poin di atas,namun
master rem ini fungsinya lebih dominan dalam pemompaan minyak rem.
KAMPAS REM SUDAH SANGAT TIPIS
Dan yang ini yang sering terjadi,biasanya
gejalanya di tandai dengan bunyi aneh di piringan cakram ketika tuas rem di
tekan/di injak. Bunyi gemerincing seperti gesekan logam.
Mungkin hanya itu yang dapat Mas
sayur tulis,mengingat Mas sayur bukanlah mekanik
atau orang yang ahli permesinan,maka jika ada kesalahan mohon di koreksi,da
jika ada kekurangan mohon di tambahi.Karena semua itu hanya berdasarkan pengalaman
pribadi saja.
Cara terbaik dan termuda untuk mengatasi gangguan
fungsi rem cakram jika anda tidak paham dengan hal ini atau tidak biasa
otak-atik motor adalah bawalah sepeda anda ke bengkel kesayangan anda.
Rem Cakram depan macet karena bagian Master Silinder (Silinder Master) yang bermasalah :
Di dalam Master Silinder (Silinder Master), ini terdapat beberapa komponen, komponen utama yang sering bekerja dan bergerak untuk menekan atau mendorong minyak rem, sampai ke bagian Kaliper bawah ialah Kit Silinder Master.
Melihat gambar Kit Silinder Master yang mengalami Korosi dan Berjamur diatas, ini dapat menyebabkan kemacetan pada Rem Cakram, mengapa bisa terjadi macet : "Karena gerak balik Kit Silinder Master terhambat oleh sisa Korosi dan Jamur yang melekat pada ruang gerak Kit Silinder Maste rtersebut".
Catatan : Apa bila Kit Silinder Master mengalami Korosi dan Jamur yang
mengakibatkan Kemacetan pada Rem Cakram, tak ada kata lain, yaitu lakukanlah
pergantian pada Kit Silinder Master tersebut secepatnya.
Rem Cakram depan Macet karena Kaliper bermasalah :
Yang kedua ialah Rem Cakram macet karena kaliper
bermaslah, ini sudah pasti tidak salah lagi dengan dugaan yang tepat yaitu pada
Piston yang tertanam didalam Kaliper cacat karena kotoron atau debu yang
mengendap sehingga kinerja piston terhambat, Piston merupakan komponen utama
pada Kaliper yang menerima tekanan dari minyak rem dan di teruskan ke kanvas
rem.
Untuk menganalisa piston macet dan tidak normal dalam kinerjanya kita
dapat melihat keadaan fisik yang terjadi, seperti debu yang melekat, secara
teknis piston memiliki seal debu nah seal debu yang sudah rusak tersebut lah
yang memicu debu masuk kedalam sela-sela piston, sehingga piston yang tertanam
dalam cakram mengalami macet karna terganjal oleh debu dan yang lebih parahnya
sampai piston cacat dan macet.
Untuk menangani Piston Baret dan Cacat sehingga mengalami kemacetan pada "Rem Cakram", lakukanlah pergantian Piston dan Seal Debu Piston, sehingga kinerja Piston yang tertanam di dalam Kaliper menjadi kembali optimal.
Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Seret
Cara
memperbaiki rem cakram motor seret termasuk salah satu
pemeliharaan sepeda motor dan sesuatu hal yang diseriusi oleh para bikers
karena kita menginginkan semua fungsi sepeda motor dapat berjalan dengan baik
sehingga setiap kali kita melakukan perjalanan merasakan keamanan dan
kenyamanan. Rem cakram memainkan peranan penting bagi keselamatan berkendara
ketika perjalanan pada jalan raya, dan apalagi Anda sedang melewati jalan yang
berbahaya semisal jalan perbukitan atau gunung, jalan rusak dan lainnya.
Tidak
sedikit kecelakaan terjadi karena pengendara malas dalam mengerjakan cara
servis rem cakram motor baik bagian depan dan belakang, karena jika rem cakram
seret maka kekhawatiran setiap pengendara muncul benar tidak. Masalah kerusakan
yang sering terjadi pada rem cakram adalah diawali oleh rotor piringan dan pad
rem piringan (bantalan) yang terkontaminasi oleh kotoran, debu atau air garam.
Maka untuk mengatasi kerusakan rem cakram yang seret atau berat maka Anda harus
periksa satu per satu komponennya.
Langkah-Langkah Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Seret
1. Pertama sahabat blog tips cara motor lakukan langkah merawat rem cakram yang benar dengan menjauhkan kontaminan utama yakni pelumas mesin atau sabun cuci. Kami sarankan Anda jangan menggunakan minyak pelumas di dekat rem cakram karena setetes minyak pelumas yang mengenai rotor akan secara drastis dapat mengurangi daya cengkram rem.
2. Ketika sobat mencuci sepeda motor dengan air sabun amaka segera lakukan langkah pengeringan pada daerah rem cakram motor untuk menghapus air sabun dan sabun yang bisa saja masuk ke kaliper rem.
Langkah-Langkah Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Seret
1. Pertama sahabat blog tips cara motor lakukan langkah merawat rem cakram yang benar dengan menjauhkan kontaminan utama yakni pelumas mesin atau sabun cuci. Kami sarankan Anda jangan menggunakan minyak pelumas di dekat rem cakram karena setetes minyak pelumas yang mengenai rotor akan secara drastis dapat mengurangi daya cengkram rem.
2. Ketika sobat mencuci sepeda motor dengan air sabun amaka segera lakukan langkah pengeringan pada daerah rem cakram motor untuk menghapus air sabun dan sabun yang bisa saja masuk ke kaliper rem.
3. Apabila rotor rem cakram Anda sudah terkontaminasi maka bisa menggunakan isopropil alkohol untuk menghapusnya dengan mudah dan cepat. Namun jika bantalan atau pad rem piringan yang terkontaminasi dan keadaannya sudah parah maka cara terbaik adalah mengganti dengan yang baru.
4. Penyebab terakhir
dari rem cakram motor yang seret adalah terjadi getaran. Bisa jadi pad rem
piringan, rotor dan komponen lainnya mengalami kelonggaran atau kerusakan. Dan
apabila getaran pada saat pengereman sudah sangat terasa parah maka bisa
mengganti komponen yang rusak apabila tidak bisa lagi servis.
5. Sobat otomotif
periksa keadaan kampas rem, apabila cengkraman atau jepitan pada terlalu sempit
dan terasa berat maka setting ulang, bisa jadi kampas rem cakram masih baru dan
tebal.
6. Segera periksa pinggiran piston, apabila keadaannya kering maka membuat piston tidak lagi elastis ketika pedal rem ditarik. Cara memperbaiki rem cakram motor yang seret ini dengan membersihkan bagian caliper dengan air karena bisa jadi ada kotoran atau debu yang melekat di sana, kemudiaan berikan pelumas pada komponen itu dan tidak boleh terlalu banyak yach, cukup di sekitar piston saja.
6. Segera periksa pinggiran piston, apabila keadaannya kering maka membuat piston tidak lagi elastis ketika pedal rem ditarik. Cara memperbaiki rem cakram motor yang seret ini dengan membersihkan bagian caliper dengan air karena bisa jadi ada kotoran atau debu yang melekat di sana, kemudiaan berikan pelumas pada komponen itu dan tidak boleh terlalu banyak yach, cukup di sekitar piston saja.
7. Cara mengatasi rem
cakram seret terakhir adalah sahabat cek pada bagian per, plat dan dudukan
kampas, jika keadaan bagian ini sudah miring atau bengkok segera perbaiki,
kebengkokan ini disebabkan goncangan ketika perjalanan di jalan yang cadas atau
melewati polisi tidur dengan kecepatan tinggi.
Ingat boz..........
Daftar
Pustaka :
google-site-verification: google0f0a49f6ea3a3c94.html
Spades Royale - Spades Royale - Spades Casino Review m88 m88 바카라사이트 바카라사이트 bk8 bk8 메리트카지노 메리트카지노 우리카지노 우리카지노 11bet 11bet 978 Asian Handicap Betting Tips & Best Bets | TOP BET
BalasHapus